Hiteen.id –¬†Pegawai Negeri Sipil atau aparatur negara lainnya, merupakan karir yang masih populer sampai saat ini, baik dikalangan anak muda apalagi orang tua. Selain gaji dan tunjangan yang akan didapat setelah resmi diangkat, tentunya citra baik dan masa depan menjanjikan akan semakin melekat, menarik calon pasangan.

Namun, menjadi bagian dari PNS, TNI, Polri, atau lainnya memang tak mudah. Perlu mengikuti berbagai saringan masuk dengan penilaian yang cukup tinggi, serta harus bersaing dengan banyak orang pula dari seluruh Indonesia, pada penyelenggaraan tes rekruitmennya.

Tapi ada cara lain untuk bisa selangkah lebih maju lho, pada proses rekruitmen, yakni dengan mendaftar dan bersekolah di sekolah kedinasan. Meski begitu, mendaftar disekolah kedinasan juga tidak mudah ya, ada banyak persyaratan dan tentunya tes ujian masuk bagi para calon siswanya.

Ini dia beberapa sekolah kedinasan di Indonesia yang jika kamu berhasil menjadi lulusannya, maka kamu akan otomatis menjadi bagian dari Calon Pegawai Negeri Sipil untul langsung menunggu proses pengangkatan.

1. STAN atau Politeknik Keuangan Negara.

Sekolah ini berafiliasi langsung dengan Kementerian Keuangan RI. Berlokasi di daerah Pondok Aren, Tanggeran Selatan dan telah didirikan sejak 1964. Keberadaan STAN dinaungi oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan. Jika menjadi lulusan STAN, maka kamu akan langsung menjadi pegawai yang akan ditempatkan di Kementerian Keuangan atau di instansi pemerintah lainnya.

2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Bertempat di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, sekolah ini bernaung langsung dibawah Kementerian Dalam Negeri RI. IPDN Bergerak dibidang kepamongprajaan, dan bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan bekepribadian baik. Setelah lulus dari IPDN, para praja (sebutan untuk mahasiswa IPDN) akan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan pangkat Penata Muda dan Golongan III A.

3. Politeknik SSN (Siber dan Sandi Negara)

Sekolah ini berada dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara yang bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban siber negara. Didirikan pada tahun 2002, Politeknik SSN bertempat di Bogor, Jawa Barat. Ada tiga jurusan yang bisa diambil jika melanjutkan pendidikan di Politeknik SSN, yakni Jurusan Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, dan Rekayasa Keamanan Siber.

4. STIN (Sekolah Tinggi Inteligen Nasional)

STIN, merupakan sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan langsung Badan Inteligen Indonesia (BIN). Tak hanya program Sarjana, STIN juga menyediakan layanan program Magister dan Doktoral. Selain BIN, lulusan STIN bisa ditempatkan diberbagai instansi lain, seperti Polri, badan inteligen strategis TNI, KPK, Bea Cukai, Kejagung, Kementerian Hukum dan Ham, serta Departemen Imigrasi, Kementerian Luar Negeri.

5. Politeknik Statistika (STIS)

STIS adalah perguruan tinggi setara diploma dibawah naungan Badan Pusat Statistik, sejak tahun 1958. STIS diperuntukkan bagi siswa dari jurusan IPA.

6. Sekolah Tinggi Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan sekolah tinggi yang didirikan untuk mempersiapkan kader yang nantinya dapat melayani masyarakat dibidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Selain keenam sekolah kedinasan twrsebut, sebenarnya masih ada sekolah-sekolah kedinasan lain dibawah Kementerian Perhubungan.
Selain bisa langsung ditempatkan sebagai Pegawai Negeri Sipil, keuntungan sekolah sekolah kedinasan tidak dipungut biaya, alias gratis.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like