Sandiaga Uno saat mencoba mengendarai vespa konversi Elettrico. Dok: Kemenparekraf.

Hiteen.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mencoba skuter konversi listrik karya anak bangsa, pada Kamis, 2 Juni 2022.

Skuter konversi listrik Elettrico tersebut merupakan karya dari Elders Garage. Kesempatan mencoba skuter tersebut dilakukan Sandiaga Uno saat sedang menghadari persiapan perhelatan Vespa World Days yang akan segera digelar di Bali, pada 9 – 12 Juni 2022.

Seperti diketahui, gelaran Vespa World Days 2022 merupakan perhelatan bertaraf internasional yang untuk pertama kalinya digelar di Indonesia. Karena itulah, Sandiaga Uno sangat antusias dengan perkembangan teknologi otomatif yang sedang dilakukan oleh anak bangsa

“Biasanya acara Vespa World Days itu diadakan di Eropa dan sekarang untuk pertama kalinya dalam sejarah akan hadir di Indonesia. Pada kesempatan ini juga kita menyambut era pariwisata baru dengan electric vehicle yang ikut menumbuhkan suatu inisiatif, serta inovasi agar kita bangkit untuk kepulihan sektor ekonomi kreatif,” Ujar Sandiaga.

Skuter konversi tersebut merupakan skuter yang sebelumnya merupakan motor berbahan bakar bensin, namun diubah oleh Elders Garage menjadi motor gogreen yang menggunaka daya listrik untuk dapat digunakan. Elittrico listrik tersebut, menggunakan baterai Lithium-ion 21700 60v 19Ah dengan motor Eletricco V1. 12 1,2Kw Disc Brake serta controller Eletricco Square Wave 50a. Kecepatan maksimumnya yang dapat ditempuh antara 50 – 55 km/jam. Tak hanya itu, Eletricco listrik juga mampu menempuh jarak tempuh hingga 70- 80 km dengan Mode Eco.

Menurut CEO Elders Garage, Heret Frasthio¬†konversi yang dilakukannya adalah untuk menjawab tantangan dunia akan kebutuhan teknologi kendaraan dengan energi terbaukan. ¬†“Tren kendaraan listrik di dunia kami jawab dengan menyodorkan produk konversi dengan tetap mempertahankan bentuk standar dari kendaraan, namun telah menggunakan teknologi motor listrik termasuk unit yang akan dilelang,” jelasnya.

Rencananya, vespa konversi ini akan dilelang pada perhelatan Vespa World Days 2022. Hasil lelang tersebut nantinya akan digunakan untuk memajukan UMKM di Bali.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like