Kawasan bagian atas Candi Borobudur. Dok: detikcom

Hiteen.id РMenteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, umumkan akan menaikan tarif tiket masuk Candi Borobudur, menjadi Rp750.000 untuk turis lokal dan USD 100,  untuk turis mancanegara.

Pengumuman tersebut disampaikan Luhut melalui instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, saat dirinya sedang berkunjung ke Jawa Tengah.
Hal tersebut dilakukan dalam rangka membatasi jumlah wisatawan dan juga untuk menambah beban perawatan Candi, sebagai warisan budaya. “Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan¬†sense of belonging terhadap kawasan ini, sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah Nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang,” terang Luhut.

Namun begitu, nyatanya banyak warga net yang tetap kaget dengan kebijakan tersebut, karena harga Rp750.000 dianggap terlalu mahal bagi turis domestik. Oleh karena itu, pihak pengelola memberikan klarifikasi bahwa harga kenaikan tiket tersebut berlaku bagi wisatan yang akan naik ke area Candi. Namun begitu, tiket masuk reguler di kawasan Candi Rp50.000. Wisatawan yang membeli tiket masul reguler tetap dapat memasukin kawasan Candi Borobudur, namun tak bisa naik ke area Candi dan hanya bisa mendekat di area pelataran candi.
Hal ini dinilai dapat membatasi turis yang naik area candi, karena area tersebut yang merupakan cagar budaya ratusan tahun lalu, rentan rusak, apalagi telah terjadi penurunan dan pengikisan yang diduga akibat kelebihan muatan pengunjung.

Sebelum adanya kebijakan ini, Candi Borobudur bisa menerima 10 ribu pengunjung yang naik hingga ke bagian atas candi. Selama pandemi, bagian atas candi tertutup untuk umum, sehingga pengunjung hanya bisa berkunjung hingga pelatarannya saja.

Selain perubahan harga tiket, Pihak Pengelola Candi Borobudur dan Pemerintah Pusat juga setuju untuk memberikan persyaratan agar turis wajib menggunakan jasa pemandu lokal.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like