Hiteen.id – Cianjur diguncang gempa berkuatan magtidudo 5,6 skala richter pada Senin, 21 November 2022. Gempa terjadi pada siang hari tepatnya pukul 13.21 WIB. Gempa tersebut juga terasa hingga ke wilayah Bandung, Tangerang Selatan, dan Jakarta.

Imbas gempa bumi yang melanda kabupaten Cianjur tersebut, banyak bangunan seperti rumah, sekolah, hingga perkantoran mengalami kerusakan parah. Hingga Senin, pukul 21.00 terdata 162 orang tewas, 326 luka berat/ringan, dan 2.345 rumah rusak berat. Akibatnya, total 13.400 an jiwa mengungsi.

Tak hanya itu sejak gempa yang menimpa pukul 13.21, ada sekitar 88 gempa susulan berkekuatan magnitudo 1,4 – 4,8 skala richter.
Sejak kemarin, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah sampai di lokasi gempa. “Semua perangkat negara sudah bergerak, dalam hitungan jam membangun RS darurat, membersihkan longsor yang menutup jalan, mempersiapkan tenda-tenda pengungsian dan dapur umum”, jelasnya melalui akun instagr @ridwankamil. Ia juga menambahkan bahwa posko kebencanaan berlokasi di Pendopo Bupati Cianjur, seluruh kebutuhan informasi dan bantuan dapat di akses si lokasi tersebut.

Tak hanya itu, menurut KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang juga telah sampai di lokasi Cianjur pagi ini, menyebutkan sekitar 2000 personil diturunkan untuk membantu korban gempa yang seluruhnya disebar ke titik-titik lokasi di Kab. Cianjur.

Hingga saat ini, listrik di Kabupaten Cianjur masih belum seluruhnya menyala. Baru sekitar 20% lokasi yang sudah kembali dapat dialiri listrik. Tak hanya itu, sinyal seluler juga masih banyak terkendala akibat gempa tersebut.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like