Hiteen.id – Sebagai warga Bandung, Teens wajib tahu beragam kuliner khas tanah parahyangan. Meski begitu banyaknya, namun ada penganan asli Bandung yang ternyata diadaptasi dari budaya China.

Makanan tersebut yakni Baso Tahu. Warga luar bandung biasanya hanya menyebutkannya dengan siomay. Padahal, penjaja baso tahu di kota kembang tak hanya menjual siomay, namun juga menu kukusan lain yang tak kalah enak.

Uniknya, meski didapuk sebagai makanan khas Bandung, ternyata Baso Tahu justru lahir pertama kali di Semarang pada perayaan Cap Go Meh 1880.Meski begitu orang yang pertama kali membuatnya adalah orang asal Bandung yang sedang merayakan malam ke lima belas, karena mereka memang merupakan keturunan China.

Baso tahu dibuat karena terinspirasi dari penganan China, yakni Tim Sum, atau kini dikenal sebagai Dimsum. Meski begitu resep dan karakternya dibuat agar disukai oleh berbagai lapisan masyarakat.

Di Bandung, Baso tahu tak hanya menjual siomay melainkan ada juga tahu siomay, kentang, kol, dan parea kukus. Makanan tersebut kemudian dipotong-potong dan kemudian dibanjur oleh sambel kacang yang tidak terlalu pedas. Untuk siomay, biasanya dicampur dengan ikan tenggiri agar rasa jauh lebih istimewa. Karena rasanya yang dapat diterima, maka tak heran jika Baso Tahu pun telah menyebar ke segala penjuru, termasuk Mall maupun dijajakan secara kaki lima dengan gerobak keliling.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like